THR Djarum 2024: Tanggal Pencairan dan Rahasia Terungkap

mentor


THR Djarum 2024: Tanggal Pencairan dan Rahasia Terungkap

THR Djarum 2024 Kapan Cair adalah pertanyaan yang banyak diajukan oleh karyawan Djarum menjelang Hari Raya Idul Fitri. THR merupakan Tunjangan Hari Raya yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas kinerja selama setahun terakhir.

Pemberian THR diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa THR wajib diberikan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Jadi, THR Djarum 2024 kemungkinan akan cair pada minggu terakhir bulan April atau awal bulan Mei 2024.

THR memiliki beberapa manfaat bagi karyawan, diantaranya:

  • Membantu memenuhi kebutuhan finansial selama Hari Raya Idul Fitri.
  • Meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.
  • Menjaga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan.

thr djarum 2024 kapan cair

THR Djarum 2024 Kapan Cair merupakan pertanyaan penting bagi karyawan Djarum menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait THR Djarum 2024 Kapan Cair:

  • Tanggal Pencairan: THR Djarum 2024 kemungkinan cair pada minggu terakhir bulan April atau awal bulan Mei 2024.
  • Jumlah THR: Jumlah THR yang diterima karyawan Djarum 2024 ditentukan berdasarkan masa kerja dan golongan jabatan.
  • Manfaat THR: THR dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial selama Hari Raya Idul Fitri, meningkatkan motivasi karyawan, dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan.
  • Peraturan THR: Pemberian THR diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016.
  • Kewajiban Perusahaan: Perusahaan wajib memberikan THR paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.
  • Sanksi Keterlambatan: Perusahaan yang terlambat memberikan THR dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • THR dan Kinerja Karyawan: Pemberian THR dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka.
  • THR dan Hubungan Industrial: Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan dapat menciptakan hubungan industrial yang harmonis.
  • THR dan Perekonomian: THR dapat menjadi stimulus ekonomi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kesembilan aspek tersebut saling terkait dan memiliki peran penting dalam memastikan bahwa THR Djarum 2024 Kapan Cair dapat diterima oleh karyawan tepat waktu dan sesuai haknya. Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan dan perekonomian secara keseluruhan.

Tanggal Pencairan


Tanggal Pencairan, Cara

Tanggal pencairan THR Djarum 2024 merupakan informasi yang sangat penting bagi karyawan Djarum. Hal ini dikarenakan THR merupakan salah satu komponen gaji yang sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan mengetahui tanggal pencairan THR, karyawan dapat mempersiapkan kebutuhan finansial mereka selama Hari Raya Idul Fitri.

Tanggal pencairan THR yang telah ditentukan oleh perusahaan juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Memberikan kepastian kepada karyawan mengenai waktu penerimaan THR.
  • Membantu karyawan dalam mengatur keuangan mereka.
  • Menghindari keterlambatan pembayaran THR.
  • Meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.

Selain itu, tanggal pencairan THR yang tepat waktu juga merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016, perusahaan wajib memberikan THR paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Dengan demikian, tanggal pencairan THR Djarum 2024 yang kemungkinan cair pada minggu terakhir bulan April atau awal bulan Mei 2024 sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dengan memahami hubungan antara tanggal pencairan THR Djarum 2024 dengan “thr djarum 2024 kapan cair”, karyawan dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya mengenai waktu penerimaan THR mereka. Hal ini akan membantu karyawan dalam mempersiapkan kebutuhan finansial mereka selama Hari Raya Idul Fitri, sehingga mereka dapat merayakan hari besar tersebut dengan tenang dan bahagia.

Jumlah THR


Jumlah THR, Cara

Besaran THR yang diterima karyawan Djarum 2024 memiliki keterkaitan dengan waktu pencairan THR, yaitu “thr djarum 2024 kapan cair”. Hal ini dikarenakan jumlah THR yang diterima karyawan akan mempengaruhi besarnya kebutuhan finansial yang harus dipersiapkan untuk Hari Raya Idul Fitri.

  • Masa Kerja

    Masa kerja merupakan salah satu faktor penentu jumlah THR yang diterima karyawan. Semakin lama masa kerja seorang karyawan, maka semakin besar pula THR yang akan diterimanya. Hal ini dikarenakan masa kerja mencerminkan tingkat pengalaman dan kontribusi karyawan kepada perusahaan.

  • Golongan Jabatan

    Selain masa kerja, golongan jabatan juga mempengaruhi jumlah THR yang diterima karyawan. Umumnya, karyawan dengan golongan jabatan yang lebih tinggi akan menerima THR yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan dengan golongan jabatan yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan golongan jabatan mencerminkan tingkat tanggung jawab dan kewenangan karyawan dalam perusahaan.

Baca Juga :  Jangan Dilewatkan : Cara Agar Status Wa Tidak Tersimpan Otomatis

Dengan demikian, karyawan yang memiliki masa kerja yang lama dan golongan jabatan yang tinggi akan menerima THR yang lebih besar. Sebaliknya, karyawan dengan masa kerja yang pendek dan golongan jabatan yang rendah akan menerima THR yang lebih kecil. Hal ini perlu menjadi perhatian karyawan dalam mempersiapkan kebutuhan finansial mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Manfaat THR


Manfaat THR, Cara

Pembahasan mengenai “thr djarum 2024 kapan cair” tidak terlepas dari manfaat THR bagi karyawan. THR merupakan salah satu komponen gaji yang sangat dinanti-nantikan oleh karyawan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berikut adalah beberapa manfaat THR bagi karyawan:

  • Memenuhi Kebutuhan Finansial

    THR dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial selama Hari Raya Idul Fitri, seperti membeli pakaian baru, makanan, dan keperluan lainnya. Dengan adanya THR, karyawan dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan lebih tenang dan bahagia.

  • Meningkatkan Motivasi Karyawan

    Pemberian THR dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini dikarenakan THR merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari perusahaan atas kinerja karyawan selama setahun terakhir.

  • Menjaga Hubungan Baik

    Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan dapat menjaga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan. Hal ini dikarenakan THR merupakan salah satu bentuk kesejahteraan karyawan yang sangat penting.

Dengan memahami manfaat THR bagi karyawan, perusahaan dapat semakin menyadari pentingnya pemberian THR tepat waktu dan sesuai peraturan. Hal ini akan berdampak positif pada motivasi karyawan, kinerja perusahaan, dan hubungan industrial yang harmonis.

Peraturan THR


Peraturan THR, Cara

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 merupakan dasar hukum yang mengatur pemberian THR di Indonesia. Peraturan ini mewajibkan perusahaan untuk memberikan THR kepada karyawannya paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Pemberian THR ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan finansial karyawan selama Hari Raya Idul Fitri dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Hubungan antara “Peraturan THR: Pemberian THR diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016.” dan “thr djarum 2024 kapan cair” sangat erat. Peraturan THR menjadi acuan bagi perusahaan dalam menentukan waktu pencairan THR, termasuk THR Djarum 2024. Dengan adanya peraturan ini, karyawan dapat mengetahui secara pasti kapan THR akan dibayarkan dan dapat mempersiapkan kebutuhan finansial mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, Peraturan THR juga memberikan perlindungan hukum kepada karyawan. Jika perusahaan terlambat atau tidak memberikan THR sesuai ketentuan, karyawan dapat mengajukan gugatan ke pengadilan industrial. Hal ini menunjukkan pentingnya Peraturan THR sebagai instrumen hukum yang menjamin hak-hak karyawan.

Kewajiban Perusahaan


Kewajiban Perusahaan, Cara

Kewajiban perusahaan untuk memberikan THR paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri memiliki hubungan erat dengan “thr djarum 2024 kapan cair”. Hal ini dikarenakan perusahaan wajib hukumnya untuk memberikan THR tepat waktu sesuai peraturan yang berlaku.

Pemberian THR tepat waktu memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Memberikan kepastian kepada karyawan mengenai waktu penerimaan THR.
  • Membantu karyawan dalam mengatur keuangan mereka.
  • Menghindari keterlambatan pembayaran THR.
  • Meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.
  • Menciptakan hubungan industrial yang harmonis.

Selain itu, perusahaan yang terlambat memberikan THR dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sanksi tersebut dapat berupa teguran tertulis, denda, hingga pembekuan kegiatan usaha. Oleh karena itu, perusahaan wajib mematuhi kewajiban untuk memberikan THR tepat waktu.

Dengan memahami kewajiban perusahaan dalam pemberian THR, karyawan dapat mengetahui secara pasti kapan THR akan dibayarkan dan dapat mempersiapkan kebutuhan finansial mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini akan menciptakan ketenangan dan kebahagiaan bagi karyawan dalam menyambut hari besar tersebut.

Sanksi Keterlambatan


Sanksi Keterlambatan, Cara

Sanksi keterlambatan pemberian THR merupakan bagian penting dari “thr djarum 2024 kapan cair” karena memberikan kepastian hukum dan melindungi hak-hak karyawan. Perusahaan yang terlambat memberikan THR dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti:

  • Teguran tertulis
  • Denda
  • Pembekuan kegiatan usaha

Sanksi-sanksi tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera kepada perusahaan agar mematuhi kewajiban memberikan THR tepat waktu. Dengan adanya sanksi ini, perusahaan akan lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan dan memastikan bahwa THR dapat dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat

Bagi karyawan, pemahaman tentang sanksi keterlambatan pemberian THR sangat penting. Jika perusahaan terlambat memberikan THR, karyawan dapat melaporkan hal tersebut kepada instansi terkait, seperti Dinas Tenaga Kerja atau pengadilan industrial. Dengan demikian, hak-hak karyawan atas THR dapat terlindungi dan perusahaan dapat diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

THR dan Kinerja Karyawan


THR Dan Kinerja Karyawan, Cara

THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan salah satu bentuk penghargaan dari perusahaan kepada karyawan atas kinerja dan kontribusi mereka selama setahun terakhir. Pemberian THR dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini dikarenakan THR merupakan salah satu komponen gaji yang sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan.

  • Meningkatkan Motivasi

    Pemberian THR dapat meningkatkan motivasi karyawan karena merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras mereka. Dengan adanya THR, karyawan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan, sehingga mendorong mereka untuk bekerja lebih baik dan meningkatkan kinerja mereka.

  • Meningkatkan Loyalitas

    Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai ketentuan dapat meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Karyawan merasa diperhatikan dan dijaga kesejahteraannya, sehingga mereka lebih loyal dan berkomitmen terhadap perusahaan.

  • Menciptakan Suasana Kerja yang Positif

    Pemberian THR dapat menciptakan suasana kerja yang positif dan harmonis. Karyawan merasa senang dan termotivasi untuk bekerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

    Pemberian THR yang baik dapat meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan dan masyarakat. Perusahaan dipandang sebagai perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya, sehingga dapat menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.

Dengan demikian, pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai ketentuan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan. THR dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

THR dan Hubungan Industrial


THR Dan Hubungan Industrial, Cara

Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan sangat berpengaruh terhadap “thr djarum 2024 kapan cair”, karena dapat menciptakan hubungan industrial yang harmonis antara perusahaan dan karyawan. Berikut adalah beberapa aspek penting mengenai hubungan antara “THR dan Hubungan Industrial”:

  • Kepastian dan Keadilan

    Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan memberikan kepastian dan keadilan bagi karyawan. Karyawan merasa diperlakukan dengan adil dan dihargai oleh perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka.

  • Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas

    THR yang diberikan tepat waktu dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan. Karyawan yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung bekerja lebih baik dan berkontribusi lebih besar kepada perusahaan.

  • Mengurangi Konflik Industrial

    Pemberian THR yang sesuai peraturan dapat mengurangi konflik industrial antara perusahaan dan karyawan. Karyawan yang merasa diperlakukan secara adil dan dihargai cenderung tidak melakukan aksi mogok atau protes yang dapat merugikan kedua belah pihak.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

    Pemberian THR yang baik dapat meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan dan masyarakat. Perusahaan dipandang sebagai perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya, sehingga dapat menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.

Dengan demikian, pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan dan hubungan industrial secara keseluruhan. THR dapat menjadi jembatan untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan.

THR dan Perekonomian


THR Dan Perekonomian, Cara

Pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perekonomian secara keseluruhan. THR dapat menjadi stimulus ekonomi menjelang Hari Raya Idul Fitri karena beberapa alasan berikut:

  • Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

    THR yang diterima karyawan akan meningkatkan daya beli masyarakat, terutama pada sektor kebutuhan pokok, pakaian, dan hiburan. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya pada sektor ritel dan UMKM.

  • Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

    Peningkatan daya beli masyarakat akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena permintaan barang dan jasa meningkat. Hal ini dapat meningkatkan produksi dan investasi, sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

  • Mengurangi Kesenjangan Ekonomi

    THR dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan masyarakat berpenghasilan rendah. Karyawan dengan penghasilan rendah akan mengalokasikan sebagian besar THR mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dengan demikian, pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan, tetapi juga bagi perekonomian secara keseluruhan. THR dapat menjadi stimulus ekonomi yang mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat, dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Baca Juga :  Cara Bijak Menggunakan Spaylater Shopee, Belanja Nyaman Tanpa Repot!

FAQ thr djarum 2024 kapan cair

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai “thr djarum 2024 kapan cair”:

Pertanyaan 1: Kapan THR Djarum 2024 cair?

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. diperkirakan THR Djarum 2024 akan cair pada minggu terakhir bulan April atau awal bulan Mei 2024.

Pertanyaan 2: Berapa besaran THR yang akan diterima?

Besaran THR yang diterima karyawan Djarum 2024 ditentukan berdasarkan masa kerja dan golongan jabatan.

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat THR?

THR memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Membantu memenuhi kebutuhan finansial selama Hari Raya Idul Fitri.
  • Meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.
  • Menjaga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengetahui informasi resmi mengenai THR Djarum 2024?

Informasi resmi mengenai THR Djarum 2024 dapat diperoleh melalui pengumuman resmi dari perusahaan atau melalui website resmi Djarum.

Pertanyaan 5: Apa yang harus dilakukan jika THR tidak dibayarkan tepat waktu?

Jika THR tidak dibayarkan tepat waktu, karyawan dapat melaporkan hal tersebut kepada instansi terkait, seperti Dinas Tenaga Kerja atau pengadilan industrial.

Pertanyaan 6: Apa saja sanksi bagi perusahaan yang terlambat membayar THR?

Perusahaan yang terlambat membayar THR dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti teguran tertulis, denda, hingga pembekuan kegiatan usaha.

Dengan memahami informasi mengenai THR Djarum 2024 kapan cair, karyawan dapat mempersiapkan kebutuhan finansial mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan dan perekonomian secara keseluruhan.

Baca juga: THR 2024: Aturan Baru dan Tanggal Pencairan

Tips THR Djarum 2024 Kapan Cair

Berikut adalah beberapa tips bagi karyawan Djarum dalam mempersiapkan pencairan THR 2024:

Tip 1: Cari tahu tanggal pencairan resmi

Hubungi bagian HRD perusahaan atau cari pengumuman resmi dari perusahaan untuk mengetahui tanggal pasti pencairan THR. Dengan mengetahui tanggal pasti, karyawan dapat mempersiapkan kebutuhan finansial mereka dengan baik.

Tip 2: Buat anggaran keuangan

Setelah mengetahui tanggal pencairan THR, buatlah anggaran keuangan untuk mengatur pengeluaran selama Hari Raya Idul Fitri. Prioritaskan kebutuhan pokok dan hindari pengeluaran yang tidak perlu.

Tip 3: Siapkan kebutuhan pokok terlebih dahulu

Gunakan sebagian THR untuk membeli kebutuhan pokok, seperti bahan makanan, pakaian, dan keperluan lainnya. Dengan mempersiapkan kebutuhan pokok terlebih dahulu, karyawan dapat menghindari pengeluaran yang berlebihan saat harga melambung menjelang hari raya.

Tip 4: Manfaatkan diskon dan promo

Cari tahu informasi mengenai diskon dan promo yang ditawarkan oleh toko-toko atau pusat perbelanjaan. Dengan memanfaatkan diskon dan promo, karyawan dapat menghemat pengeluaran selama Hari Raya Idul Fitri.

Tip 5: Hindari berutang

THR sebaiknya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri, bukan untuk menambah utang. Hindari berutang untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau melebihi kemampuan finansial.

Tip 6: Simpan sebagian THR

Setelah semua kebutuhan terpenuhi, sisihkan sebagian THR untuk ditabung atau diinvestasikan. Hal ini penting untuk mempersiapkan keuangan di masa depan.

Tip 7: Bijak dalam berbelanja

Saat berbelanja, utamakan kebutuhan daripada keinginan. Belilah barang-barang yang benar-benar diperlukan dan hindari pembelian impulsif.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, karyawan Djarum dapat mempersiapkan pencairan THR 2024 dengan baik dan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan bahagia.

Baca juga: 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Kesimpulan

Pembahasan mengenai “thr djarum 2024 kapan cair” memberikan informasi yang komprehensif mengenai hak dan kewajiban karyawan terkait Tunjangan Hari Raya (THR). Pemberian THR merupakan salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi perusahaan kepada karyawan atas kinerja dan kontribusinya selama setahun terakhir. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, perusahaan wajib membayarkan THR paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Besaran THR yang diterima karyawan Djarum 2024 ditentukan berdasarkan masa kerja dan golongan jabatan. THR dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial selama Hari Raya Idul Fitri, meningkatkan motivasi karyawan, dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan. Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai peraturan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan dan perekonomian secara keseluruhan.

Bagi karyawan Djarum, penting untuk mengetahui tanggal pasti pencairan THR dan mempersiapkan kebutuhan finansial mereka dengan baik. Tips yang telah dibahas dalam artikel ini dapat membantu karyawan dalam mengelola THR secara bijak dan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan bahagia.

Youtube Video:



Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags